Jumat, 02 April 2010

kegiatan airsoftgun



  • Arief Mirasahid Permainan airsoft gun memang telah ada sejak beberapa tahun yang lalu. Tapi beberapa tahun belakangan, dengan munculnya produk-produk airsoft gun dari Cina yang harganya sangat miring, hobi ini mulai memarak lagi.

    Harga airsoft gun Cina atau sering disebut dengan ACM (all China made) memang cukup fantastis. Dengan jenis yang sama, harga bisa mencapai sepertiga harga AJM
    (all Japan made) yang selama ini beredar di pasaran. ACM banyak yang memiliki karakteristik exact copy terhadap AJM, sehingga ACM juga bisa di-upgrade seperti AJM.

    Dengan semakin banyaknya ACM yang beredar di pasaran akhir-akhir ini, hampir setiap orang bisa membeli airsoft gun dan bermunculan pula komunitas-komunitas airsoft gun bagi orang-orang yang ingin menyalurkan hobi ini.

    Akhir-akhir ini terjadi peristiwa razia aparat terhadap penjual airsoft gun. Hal ini menimbulkan pertanyaan, mengingat bahwa airsoft gun hanya merupakan hobi dan senjata itu hanyalah replika.

    Senjata replika ini pun menggunakan tenaga angin dan peluru berupa pelet plastik. Jika logika, senjata jenis ini masih lebih aman dari senapan angin yang juga beredar bebas.

    Jadi apakah alasan sebenarnya aparat melakukan razia terhadap penjual air hobi ini???

    Di negara-negara lain yang memiliki kebebasan dalam kepemilikan senjata api pun tidak melarang keberadaan airsoft gun. Biasanya untuk airsoft gun, ujung laras diberi cat warna terang (misal orange) untuk membedakan replika dengan senjata api yang aslinya.

    Dari sisi keamanan, airsoft gun ini cukup aman dengan adanya komunitas dan permainannya dilakukan di tempat yang khusus (bisa di alam bebas atau ruang tertutup). Keamanan bermain airsoft gun juga didukung dengan penggunaan gear pendukung seperti jaket, rompi, topeng dan gogle.

    Dalam paket penjualannya pun, airsoft gun ini sudah jelas harus dipergunakan oleh orang dengan umur 18 tahun ke atas dan sudah terdapat larangan untuk menggunakannya secara tidak benar, misal untuk menembak binatang dengan tujuan iseng.

    Usulan Aparat yang yang melakukan razia harusnya melakukan sosialisasi tujuan dan alasan mereka sebab hingga saat ini belum pernah saya dengar peraturan pelarangan senjata angin dimiliki oleh warga sipil.

    Jika pertimbangannya hanya dari sisi bentuk yang mirip aslinya (namanya juga replika), mungkin dibutuhkan suatu mekanisme identifikasi seperti yang dimiliki oleh negara lain.

    PERKENALAN AIRSOFT DAN PERUNTUKANYA DIGUNAKAN SESUAI KEGIATAN SAS TEAM
    27 Februari jam 23:33 · Laporkan

  • Arief Mirasahid KEGIATAN BERKAITAN DENGAN AIRSOFT :

    1. SKIRMISH (Wargame)
    Kegiatan ini yang bisa dibilang peminatnya cukup banyak di Indonesia,skirmish itu bisa diartikan simpelnya sebagai WARGAME atau permainan perang-perangan.yaitu dimana ada beberapa grup yang dipisah dan bertugas untuk saling menyerang secara frontal ataupun tergantung dengan misi yang diberikan.cabang ini sangat memerlukan apa yang namanya sportifitas.karena tidak adanya tanda (marking) yang dapat menandakan seseorang itu terkena tembakan (HIT) atau tidak.

    2. TEMBAK REAKSI (Practical Shooting)
    Kegiatan ini lebih mengentalkan kemampuan individual dalam kemampuannya menembak target yang berupa plate atau kertas pada suatu stage yang tidak terlalu luas,stage2 tersebut dibagi menjadi 3 macam yaitu: Short stage,Medium Stage,Long Stage.Penembak (shooter) dituntut untuk dapat menjatuhkan dan menembak target (plate dan paper) dalam waktu sesingkat,seefisien,dan seefektif mungkin dengan mendapatkan skor terbaik yang nantinya akan dibagi dengan waktu anda pada stage tersebut untuk mendapatkan HIT FAKTOR atau kalau dalam dunia pendidikan dikenal dengan IP (Indeks Prestasi).Cabang ini membutuhkan disiplin yang tinggi dari penggemarnya.organisasi internasional yang menaungi cabang ini adalah IPSC.Sedangkan untuk wilayah Indonesia sejak 20 Februari 2010 telah dinaungi oleh PERBAKIN jadi hanya kegiatan Tembak reaksi yang di Indonesia saat ini telah resmi legal alias tidak lagi berada di wilayah abu-abu.untuk diketahu club menembak sas team termasuk dalam kegiatan resmi Tembak Reaksi

    3. GROUP/INDIVIDUAL TACTICAL
    Kegiatan ini hampir mirip dengan tembak reaksi namun dilakukan oleh sekelompok (walau ada juga yang dilakukan secara individu) yang dituntut untuk menghabiskan target yang ditentukan pada suatu field/stage/building yang diletakkan secara random (acak).Gamblangnya,kegiatan ini mirip dengan kegiatan pasukan SWAT dalam melakukan clearing target ketika latihan.cabang inipun banyak ragamnya dan namanya.untuk wilayah indonesia saat ini dikenal dengan DWS (Double Weapon System) dan IDPA.Untuk status hukumnya,sama dengan kegiatan wargame.

    4. SNIPER
    Kegiatan ini adalah kegiatan yang menguji kemampuan seseorang dalam membaca cuaca,geografis,dsb.serta kemampuan seseorang dalam menembak target dengan ukuran terbesar hingga terkecil,dalam jarak yang cukup jauh (untuk airsoft) dengan ketepatan sepresisi mungkin.kesabaran dan ketelatenan mutlak dimiliki oleh airsofter yang ingin menguasai cabang ini.
    Kegiatan ini umumnya dilakukan dilapangan yang lumayan luas.

    5. GEARS OF WAR
    Kegiatan ini bisa dibilang hampir tidak membutuhkan skill tapi lebih ke source.karena pada cabang ini,seorang airsofter dituntut untuk memiliki GEARS (seragam,perlengkapan,peralatan,dsb.) yang se-otentik mungkin dengan para serdadu2 yang ada di dunia.bisa yang classic ataupun yang modern,fiksi atau non-fiksi tergantung kegemaran masing-masing.kenapa source?karena tidak mudah dalam menemukan bagian-bagian yang diperlukan terutama untuk item-item yang bisa dibilang langka,selain sulit..kualitaspun menentukan.semakin tinggi tingkat ke-maniak-an dari para penggemar gears ini,semakin tinggi juga tuntutan yang dihadapinya.yang paling jelas..para penggemar cabang ini nggak akan jauh-jauh dari yang namanya kamera.


    6. MODDING
    Kegiatan ini lebih fokus ke orang orang yang suka membongkar dan mengutak atik airsoft.target utama modding pun beragam,penilaian performa,penilaian otentik,penilaian eksotik.penilaian performa jelas,yang dilihat adalah hasil akhir dari modding tersebut,apakah sesuai dengan performa yg diminta.sedangkan penilaian otentik adalah penilaian yang menitik beratkan kepada penampilan ersop itu sendiri.seberapa otentik dengan unit2 real arm yang digunakan para militer atau law enforcement modern atau klasik.sedangkan eksotik adalah modding terhadap airsoft agar penampilan bisa se sexy mungkin..segarang mungkin.dibeberapa tempat ditambah kegiatan bongkar pasang airsoft tertentu.dihitung siapa yang paling cepat dalam bongkar pasang.


    Untuk sementara hanya ini yang bisa saya sampaikan,semoga dapat dicerna dengan baik dan dimanfaatkan sebagai pengetahuan saja.Semakin bervariasi semakin berwarna hobby yang kita cintai ini.mari kita cintai airsoft,kita jaga club menembak sas team kita harumkan namanya.cetak prestasi setingi tinginya.

    Dengan sedikit pengetahuan airsoft ini dapat membantu rekan-rekan terutama yang masih baru (rookie) dalam dunia per-airsoft-an.Apabila ada kekurangan atau kesalahan pada artikel ini ,saya sangat berterima kasih apabila cukup diberitahu ataupun dikoreksi saja .salam olah raga ,...................

0 komentar:

Template by : udin sas